Seleksi Penerimaan CPNS Tahun 2019 Dibuka Oktober Mendatang

banner 160x600

riaubertuah.id

PEKANBARU, RIAUBERTUAH.ID - Oktober mendatang seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini dibuka. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau Ikhwan Ridwan mengatakan, pemeritah telah menetapkan sebanyak 197.111 formasi untuk seluruh Indonesia.

"Sebanyak 37.854 formasi akan dibuka untuk 74 kementerian/lembaga. Sementara 159.257 formasi lainnya akan disebar kepada 467 pemerintah daerah se-Indonesia," kata Ikhwan, Jumat (27/9/2019) di Pekanbaru.

Kendati demikian, Ikhwan mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu arahan pusat terkait  jumlah formasi yang bakal diperuntukkan bagi Provinsi Riau.

"Kita belum tahu jumlah persisnya, kita masih menunggu arahan dari pusat. Karena formasi 159 ribu lebih itu untuk Pemda se-Indonesia," tuturnya.

Ikhwan juga mengungkapkan, seleksi CPNS nanti ada dua jalur penerimaan yang akan diterapkan, antara lain jalur umum dan khusus.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jalur khusus tersebut untuk pelamar dengan nilai cumlaude (formasi pusat dan daerah), diaspora (formasi pusat dan daerah), disabilitas (pusat dan daerah), putra putri Papua dan Papua Barat (pusat), dan lainnya yang bersifat urgent (pusat).

"Masih seperti tahun lalu, prioritas penerimaan tahun ini untuk tenaga medis dan pendidik, seperti tahun lalu lah. Mungkin pengangkatan di tahun 2020 nanti karena prosesnya dari Oktober tahun ini," demikian Ikhwan. (MCR)