Jalan Sontang yang Rusak Segera Perbaiki Pemprov Riau

No comment 379 views
banner 160x600

riaubertuah.id

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan segera memperbaiki ruas jalan provinsi yang rusak di Desa Sontang Batas-Duri sepanjang 1 kilometer. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Taufiq OH, Kamis (25/6/2020).

Taufiq mengakui memang kondisi jalan provinsi di Sontang-Duri mengalami kerusakan. Dijalan berlumpur jika hujan.

"Kami sadari bahwa target kegiatan sangat minim, hal ini akan kami usahakan dengan optimal untuk menjaga fungsional ruas jalan provinsi di Sontang," ungkapnya.  

Dia menyatakan, bukti keseriusan pada Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau, juga telah mengusulkan peningkatan ruas jalan tersebut pada rencana Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 sebagai perhatian Pemprov Riau selanjutnya.

"Kami harap masyarakat juga dapat memaklumi kekuatan anggaran provinsi pada saat ini, karena Pemprov Riau tengah fokus menangani pandemi Covid-19. Tapi kami tidak mengesampingkan kegiatan prioritas, dan kami selalu berusaha sekuat tenaga supaya jalan tersebut dapat fungsional secara baik dan optimal," ungkapnya.  

Untuk jalan Sontang-Duri tersebut, tambah mantan Kepala Dinas Perhubungan Riau ini, akan dirawat fungsional terlebih.

"Saat ini alat kami sedang bekerja di Ujung Batu, Rokan Hulu. Setelah itu dengan waktu tak begitu lama kita kerahkan untuk memperbaiki jalan Sontang-Duri. Kemudian kita akan anggarkan di APBD 2021 untuk peningkatan jalan Sontang tersebut," jelasnya. 

Selain itu, tambah Taufiq, tahun anggaran 2020 untuk Bidang Bina Marga Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau telah mengalokasikan dana pada kegiatan pemeliharaan Jalan Tandun-Pasir Pangaraian sepanjang 1 Km kegiatan berkala dan 15 Km kegiatan rutin.

Seperti diberitakan, puluhan warga dan pemuda Desa Sontang. Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu melakukan aksi tanam pohon pisang dan sawit di titik ruas jalan provinsi yang rusak di Desa Sontang Batas-Duri sepanjang 1 kilometer.

Aksi itu, sebagai bentuk puncak kemarahaan, protes dan kekecewaan masyrakat terhadap Pemerintah Provinsi Riau atas kerusakan ruas jalan provinsi hingga batas Duri Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis yang telah berlangsung lebih kurang tujuh bulan, belum diperbaiki.

Akses transportasi masyarakat mengangkut hasil produksi pertanian dan perkebunan terganggu akibat jalan provinsi yang rusak parah.

(Sumber: Mediacenter.riau.go.id)