Aniaya Aktivis, Serka Nofrijon Divonis 4 Bulan Masa Percobaan

banner 160x600

riaubertuah.id

PEKANBARU, RIAUBERTUAH.ID - Majelis hakim Pengadilan Militer menjatuhkan vonis penjara selama 2 bulan dengan masa percobaan 4 bulan kepada terdakwa Serka Nofrijon, oknum TNI Sumatra Barat atas kasus dugaan penganiayaan yang dilakukannya terhadap seorang aktivis di Riau.

“Menyatakan terdakwa Nofrijon terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan,” kata Ketua Majelis Sidang Pengadilan Militer Pekanbaru, dalam putusannya, Kamis (16/7/2020).

Namun, majelis hakim menetapkan vonis pidana 2 bulan tersebut tak perlu Nofrijon jalani.

Nofrijon tidak perlu menjalani vonis penjara kecuali jika di kemudian hari ada putusan hakim yang menyatakan terpidana melakukan tindak pidana sebelum masa percobaan 4 bulan berakhir.

Serka Nofrijon, oknum TNI Sumatra Barat tersebut diduga melakukan penganiyaan terhadap seorang aktivis asal Kuantan Singingi pada 11 Maret 2020 di daerah kecamatan Hulu Kuantan, kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

Pada 14 Juli 2020, Nofrijon menjalani sidang perdana Pengadilan Militer di kantor Pengadilan Tata Usaha Negara, jalan Subrantas Pekanbaru dengan agenda keterangan saksi dan dakwaan.

Nofrijon pun didakwa dengan Pasal 351 Ayat 1 atau tentang Penganiayaan ringan dengan ancaman maksimal dua tahun penjara.