236 Tahun Pekanbaru Menuju Smart City Madani

No comment 327 views
banner 160x600

riaubertuah.id

PEKANBARU, RIAUBERTUAH.ID - 23 Juni adalah hari yang spesial untuk warga Kota Pekanbaru, karna pada tanggal inilah setiap tahunnya warga Kota Pekanbaru memperingati hari jadi kota tercinta tempat tinggal mereka.

Hari ini Selasa 23 Juni 2020 tepatnya, Kota Pekanbaru genap berusia 236 tahun, tentunya bukan umur yang muda lagi, dengan umur 236 tahun pastinya Kota Pekanbaru sudah banyak menyimpan sejarah yang sangat bermakna. Sudah banyak pemimpin yang silih berganti memegang tampuk kepemimpinan di Kota Pekanbaru dengan berbagai tipe dan cara kepemimpinannya masing-masing. Kini Kota Pekanbaru dipimpin oleh Dr. H. Firdaus, ST, MT.

Dalam hal ini menurut HMI Cabang Pekanbaru dalam membangun kota Pekanbaru, banyak masalah besar yang harus dipecahkan oleh walikota Pekanbaru. Sejarah mencatat, bahwa kebijakan pemerintah dari pusat dan daerah sejak Orde Lama, Orde Baru, dan Era Reformasi belum sepenuhnya menyentuh esensi masalah yang ada. Hal inilah yang menimbulkan persoalan kemiskinan, pengangguran, rendahnya kualitas sumber daya manusia, keterbatasan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi semu.

236 tahun adalah rentang waktu yang panjang. Akan tetapi kemajuan dan kesejateraan rakyat yang diharapkan masih belum sesuai dengan harapan. Ada yang mengatakan bahwa pemerintahan sejak kemerdekaan sampai saat ini hanya sukses menjalankan dan menghidupkan birokrasi pemerintahan saja. Mereka silih berganti menjalankan strategi, yang sebenarnya sama saja.

“Ibarat sebuah barang dagangan yang hanya berganti kemasan”. Albert Einstein pernah berkata “Gila, Jika kita mengharapkan hasil berbeda, dengan melakukan cara yang sama”. Dampaknya, pola pembangunan yang berorientasi untuk rakyat (for the people), dari rakyat (from the people), dan oleh rakyat (by the people) yang selama ini digaungkan belum mampu diwujudkan dengan baik. Maka menjadi tantangan besar Kepala Daerah untuk mendobrak tatanan birokrasi agar tidak terjadi “Bussiness as usual”.

Pemerintah juga mempunyai PR besar yang harus dikerjakan, yaitu meningkatkan mental dan mengubah mindset Masyarakat, karna masih banyak masyarakat dan generasi penerus yang suka, Menunda pekerjaan, Kurang menghargai waktu, Tidak mempunyai prioritas, Kurangnya motivasi dan partisipasi dalam membangun. Hal ini lah yang merupakan PR bersama bagi kita semua.

HMI cabang Pekanbaru Menilai Kini sudah saatnya pemerintah kota Pekanbaru harus lebih fokus lagi pada perbaikan dan penataan berbagai sektor untuk mengoptimalisasikan kembali peran dan fungsi pemerintah sebagai pelayan masyarakat, mulai dari insprastruktur hingga mendesain berbagai program untuk memfasilitasi masyarakat kota Pekanbaru agar mampu mengukir banyak prestasi, dan hal ini harus di awali oleh good goverment and clean goverment. Karena dua hal ini lah yang akan menjadi kekuatan pemerintah dalam menghadirkan pelayanan prima dengan keterpuaskannya masyarakat dan menjadi nutrisi yang akan mampu melahirkan bibit-bibit prestasi di berbagai bidang dengan objektif.

Selain melahirkan good and clear goverment serta menata sarana dan prasarana umum pemerintah pun harus kembali memberikan perhatian serius terhadap sektor pendidikan dan kesehatan, karena selain ke dua sektor ini menjadi tolak ukur kualitas masyarakat juga menjadi pondasi pembangunan yang bukan hanya disadari oleh pemerintah secara nasional bahkan diakui oleh masyarakat dunia.

LMembangun infrastruktur dan merancang program yang berbasis kebutuhan untuk sektor pendidikan dan kesehatan menjadi suatu keharusan, dan ini harus dimulai dengan penempatan orang-orang yang memiliki kompetensi dan kesungguhan tanpa berbasis kepentingan.

Pemerintah juga harus lebih turun ke masyarakat untuk mendengarkan secara langsung apa yg menjadi aspirasi masyarakat, agar pemerintah tau apa yang benar-benar di inginkan oleh masyarakat dan dapat menghasilkan program kerja yg memang tepat sasaran. Pemerintah juga harus lebih terbuka lagi terhadap berbagai kritikan yang di tunjukan kepadanya, karna kritikan-kritikan tersebutlah yang menjadi bukti bahwa masih banyak yg perduli terhadap kota Pekanbaru, dan pemerintah harus mampu menjawab kritikan tersebut dengan sebuah aksi nyata untuk mewujudkan Pekanbaru yang lebih baik lagi kedepannya.

Kita paham PR pemerintah kota Pekanbaru cukup banyak, namun kita sebagai warga masyarakat tentu tidak berlebihan jika menitipkan harapan agar kota pekanbaru lebih baik dan benar-benar menjadi Smart City Madani.