cheap jerseys authentic jersey wholesale wholesale replica soccer jerseys youth basketball jerseys wholesale football jersey wholesale game jerseys wholesale wholesale blank basketball jerseys mitchell and ness jerseys wholesale wholesale nike nfl jerseys free shipping cheap nba jerseys wholesale
Home / BUDAYA / PENDIDIKAN / Peneliti Muda SMPN 1 Mempura Siak, Dari Sekolah Kampung Go International 

Peneliti Muda SMPN 1 Mempura Siak, Dari Sekolah Kampung Go International 

SIAK SRI INDRAPURA ( Riaubertuah.id ) ~  Regional congress Search for Seameo Young Scientists (SSYS ) ke 11 kalinya ( pencarian peneliti muda asean ) yang di laksanakan di pulau Pinang Penang Malaysia dengan tema ” kreatifitas pemuda untuk pembangunan berkelanjutan “.

 

kegiatan ini di laksanakan dalam 2 tahun sekali yang di taja oleh organisasi kementrian pendidikan asean ( seameo recsam ) yang khusus membidangi Pendisikan IPA dan Matematika yang mana mentri pendidikan dan kebudayaan RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy sebagai president of Seameo Council.

 

acara tersebut di laksanakan dari tanggal 26 februari s/d 3 maret 2018 yang di ikuti oleh para peneliti muda dari 11 negara asean.

 

Dalam event tersebut peneliti muda SMPN 1 mempura ikut serta sebagai perwakilan indonesia di samping dari 2 sekolah lainnya yaitu SMP IT Amalina Tangerang Banten dan SMA 2 Situbondo.

 

peneliti muda SMPN 1  Mempura yakni M. Iqbal Subakti, Arum Fajar Rahmawati dan Burhanuddin. hasil penelitian yang berjudul The Effect of Sugar Concentration for Quality of Organolepptyc Rosella Syrup ( pengaruh konsentrasi gula terhadap mutu organoleptik sirup rosela ) di bawah bimbingan bapak Edi Syahputra, S.Pd dan rombongan di pimpin oleh kepala SMPN 1 Mempura yakni Ibu Winda Harniati, M.Pd.

 

adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat daya tarik konsumen terhadap variasi sirup rosella sebelum di jual untuk publik dan manfaat untuk masyarakat, bisa sebagai penambah pemasukan ekonomi. karena modal yg di keluarkan tidak lah begitu besar dan untuk lingkungan tanaman ini bisa mereduce CO2 menjadi O2.

 

adapun ide dari penelitian peneliti muda SMPN 1 Mempura adalah berawal dari melihat susahnya pendapatan ekonomi masyarakat di indonesia khususnya kabupaten siak, mereka berinovasi menciptakan sebuah product yg bisa di perjual beli kan dalam modal yg kecil namun bermanfaat pula bagi kesehatan. Sirup ini sangat sehat bagi semua umur dan juga membantu untuk kesehatan seperti salah satunya menetralkan darah tinggi.

 

Cara pengujian atau meneliti dari pengaruh konsentrasi gula terhadap mutu organoleptik sirup rosella adalah dari 3 sirup di lakukan 3 kali pengulangan menjadi 3 varian A B C, dari ke 3 itu di lakukan pengujian terhadap 20 responden dan di peroleh hasil varian B lebih di sukai oleh responden karna rasanya pas dan aromanya yang berbau khas rosel dan warnanya juga lebih menarik.

 

Winda harniati menambahkan bahwa ke ikutsertaan kali ini merupakan kali ke 2 bagi peneliti muda SMPN 1 Mempura setelah sebelumnya mendapat juara harapan 1 pada SSYS ke 10 tahun 2016. Peneliti muda SMPN 1 Mempura juga mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada bapak Bupati siak dan Pemda Kabupaten Siak serta PT. BOB – BSP yang telah berpartisifasi menyeponsori peneliti muda untuk mengikuti event ini.

 

dalam event ini ibu winda harniati juga menyenandungkan syair dan gurindam di hadapan para peneliti muda asean dan undangan dari perwakilan negara – negara asean dan memberikan tanjak kepada dewan juri sebagai cenderamata dan ajang promosi budaya melayu siak, di tingkat Regional dan Internasional di mana dewan juri berasal dari 3 negara yakni Cina, Profesor DR. Luo Xingkai, Moskow Rusia, Profesor DR. Fishman Alexander dan Negara Turki, Profesor DR. Bulent Cavas.

 

di sela kesibukan kegiatan tersebut ibu winda juga menyempatkan mengunjungi sekolah kembar SMPN 1 Mempura di Taiping Perak Malaysia  yakni sekolah kebangsaan Kampung Jambu guna berbagi ilmu dalam bengkel seni syair dan gurindam 12 yang mendapat sambutan hangat dari warga sekolah SKKJ.

 

dalam kesempatan ini, Edi sebagai guru pembimbing mohon doa dari seluruh warga siak semoga Peneliti Muda SMPN 1 Mempura bisa meraih prestasi terbaik sebagai perwakilan bangsa indonesia khususnya kabupaten siak. Edi juga berharap agar peneliti muda SMPN 1 Mempura dapat ikut berpartisifasi dalam ajang rutin pencarian peneliti muda asean ini di masa mendatang dan dapat menjadi perhatian dari dinas pendidikan kabupaten siak.***hms

 

Check Also

Kawasan Wisata Alam Mangrove terbaik, Ada di kampung Rawa Mekar Jaya

SIAK SRI INDRAPURA ( Riaubertuah.id ) ~ Jika anda pusing dengan hiruk pikuk kehidupan di …