cheap jerseys authentic jersey wholesale wholesale replica soccer jerseys youth basketball jerseys wholesale football jersey wholesale game jerseys wholesale wholesale blank basketball jerseys mitchell and ness jerseys wholesale wholesale nike nfl jerseys free shipping cheap nba jerseys wholesale
Home / ADVERTORIAL / Panen Raya Dan Silaturahmi, Walikota Dumai Zulkifli AS Minta Petani Sinergi dengan Forkopimda

Panen Raya Dan Silaturahmi, Walikota Dumai Zulkifli AS Minta Petani Sinergi dengan Forkopimda

DUMAI (riaubertuah.co) – Walikota Dumai, Drs H Zulkifli AS, M.Si melakukan panen raya padi di Sungai Sepit RT 09 Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai sembilan. Hal ini guna menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi untuk menjaga kedaulatan pangan dengan menyerap gabah ( SERGAP ) petani minimal 4 juta ton. Hadir pada kegiatan ini terdiri unsur Forkompimda, Kadis Ketahanan Pangan, Camat Sungai Sembilan dan Lurah Batu Teritip.

Zulkifli mengatakan, pelaksanaan panen raya kali ini adalah untuk memotivasi petani agar lebih giat dalam memproduksi beras. Namun yang lebih terpenting adalah untuk menjalin hubungan silaturahmi antara petani dengan seluruh unsur Forkompimda dan juga melakukan sambung rasa dengan tujuan untuk lebih mengetahui keluhan yang sedang dihadapi petani ketika menggeluti usaha bercocok tanam padi.

Menurut Zulkifli AS, jenis padi yang ditanami petani yang didaerah batu tritip merupakan jenis padi lokal, padi lahan kering dan padi pulut. Ketiga jenis padi tersebut, hanya untuk memenuhi konsumsi masyarakat Dumai dan selebihnya dibawa keluar daerah untuk dijual. Apalagi tahun ini, hasil panen raya padi cukup memuaskan walaupun dipertengahan masa panen sempat sempat terkena hama.

” Musim kemarau dan air laut pasang tinggi merupakan ancaman ketika menanam padi. Akibat yang ditimbulkan lahan padi terutama pada bagian batang akan menjadi rusak karena terendam air asin,” kata Zulkifli AS.

Melalui program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah, sambung Zul, pemerintah melalui dinas ketahanan pangan berupaya untuk mencari jalan keluar terhadap persoalan yang dihadapi petani dalam rangka memproduksi beras yang dimulai dari bercocok tanam sampai pada tahap pemasaran.

Panen raya disungai Sepit Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan merupakan salah satu binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai dengan luas lahan sekitar 600 hektar. Walaupun ditengah kesibukan tugasnya, Walikota Dumai Zulkifli AS tetap berupaya hadir untuk bertatap muka secara langsung dengan petani setempat.

” Alhamdulillah, petani menyambut kami dengan penuh kekeluargaan. Semoga jalinan silaturahmi tetap dijaga,” katanya.

Dia mengingatkan kepada petani di sungai teritip agar jangan cepat kecewa ketika menghadapi hasil panen yang kurang memuaskan karena tertimpa masalah terutama yang berhubungan dengan faktor alam. Karena menurutnya, semua itu sudah diatur yang maha kuasa. Namun dia berharap, untuk kedepannya mari kita perbaiki bersama, mudah-mudahan ada solusi baik dari Pemerintah maupun dari para petani,

 

Usai melaksanakan panen raya padi, masyarakat Sungai Sepit RT 09 menjamu Walikota Dumai dan Rombongan makan siang bersama disalah satu rumah warga, dengan hidangan nasi yang berasal dari padi hasil tanaman masyarakat Sungai Sepit yang telah diolah.

Selain Walikota Dumai turut hadir wakil ketua DPRD Zainal Abidin, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Hadiyono, Kakan Pade Suryanto, Camat Sungai Sembilan Zulkarnaen dan Lurah Batu Teritip. (Adv)

Check Also

Keberhasilan Kabupaten Siak Kelola Migas, Sumbang PAD Rp 266 M per Tahun!

SIAK SRI INDRAPURA ( Riaubertuah.id ) ~ Melalui PT Bumi Siak Pusako (BSP) di Kabupaten …