cheap jerseys authentic jersey wholesale wholesale replica soccer jerseys youth basketball jerseys wholesale football jersey wholesale game jerseys wholesale wholesale blank basketball jerseys mitchell and ness jerseys wholesale wholesale nike nfl jerseys free shipping cheap nba jerseys wholesale
Home / LIFE STYLE / CERITA / Ketika dukun, Teluh sepeda motor

Ketika dukun, Teluh sepeda motor

Ilustrasi Dukun | riaubertuah.id
Ilustrasi Dukun | riaubertuah.id

Jabar, riaubertuah.id – Doer mencoba mengingat kejadian dia alami delapan tahun lalu. Seraya menyeruput wedang jahe susu, lelaki berusia 33 tahun itu mencoba menceritakan kejadian dalam arena balap pernah dia alami.
“Baru start awal belum seputaran, motor sudah mati,” ujar Doer saat berbincang dengan awak media  di sebuah angkringan bilangan Depok, Jawa Barat, kemarin. “Padahal nomor urut sudah dapar urutan pertama,” ujarnya membuka perbincangan soal magis dalam arena balap.

Doer merupakan nama panggilan, nama aslinya disamarkan. Bengkel tempat dia bernaung buat balapan merupakan pemain tersohor di ajang balap baik resmi maupun liar dari Kota Depok, Jawa Barat. Kejuaraan balap motor sering dia ikuti merupakan drag racing.

Sambil mengunyah roti bakar keju, Doer mencoba menceritakan runut kejadian di lintasan balap pernah dia alami. Dalam benak dia, masih terukir jelas sosok pria menjadi lawannya di arena balap Sirkuit Sentul, Bogor Jawa Barat dalam ajang road race. Lelaki yang tidak pernah dikenalnya itu tiba-tiba mendatangi dia.

“Dari bengkel mana bang,” ujarnya mengingat perkataan pria itu. Dia pun tidak pernah menaruh curiga.

Rupanya pria itu punya maksud menghampiri Doer. Sepeda motor Yamaha RX King bakal dia gunakan buat balap itu rupanya menjadi perhatian. Kebetulan waktu itu sehari sebelum ajang balap dimulai. Waktu yang ditentukan panitia buat mengambil nomor urut sesuai dengan kecepatan sepeda motor sekaligus pengecekan syarat standar balap.

Motornya bermotif Air brush warna biru melejit dengan skor unggulan. Nomor urut satu buat start awal pun menjadi tiket buat memenangkan balapan sampai finish dengan mulus. Rupanya pertemuan dengan lelaki lawan mainnya di arena balap menjadi hari ke sialan buat Doer. Ketika tiba hari H, sepeda motornya justru keok pada putaran lap pertama.

“Motor enggak jebol, cuma pas tikungan langsung mati,” tuturnya.

Usut punya usut, rupanya sepeda motor Yamaha RX King warna hijau tahun 1997 itu diusili lawannya. Sebuah gumpalan rambut dipercaya dikirim sang dukun buat menutup main jet dalam karburator sepeda motornya. Tentu, masuknya rambut ke dalam karburator menjadi tanda tanya. Apalagi sebelum terjun buat balapan, segala kesiapan mesin termasuk kebersihan tangki hingga karburator sudah dilakukan pengecekan.

“Ada rambut menutupi lubang main jet,” ujar Doer. Main Jet ialah sparepart dalam karburator sepeda motor yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar saat putaran mesin menengah sampai atas.Ukurannya hanya sebesar kuku jari kelingking. Biasanya main jet disebut dengan spuyer. Lobang main jet pun sangat kecil, hanya seukuran jarum jahit.

Kecurigaan memang mengarah pada lelaki menjadi lawannya di arena balap. Apalagi, sang joki yang menunggangi sepeda motor Doer juga sudah berpesan untuk tidak menurunkan sepeda motornya dari dalam mobil. Bukan tanpa sebab, tujuannya untuk menangkal magis dari lawan.

“Jokinya sudah bilang dari awal, jangan diturunkan dari dalam mobil. Perasaan dia juga sudah tidak enak, takut ada sesuatu., ” katanya.

Kecurigaan itu memang berhubungan, apalagi dalam arena balap pantang buat orang lain menyentuh sepeda motor yang bakal digunakan untuk balapan. Tujuannya adalah mencegah lawan untuk menitipkan benda magis. Apalagi di arena balap juga banyak orang tidak dikenal. Kalau usil, bisa-bisa setelan mesin sepeda motor berubah total.

“Karena motor memang dipegang sama orang itu. Gue juga enggak buka karburator pas di rumah,” ujar Doer.

Dalam dunia balap, Doer memang mengakui jika ada saja orang yang sengaja menggunakan kekuatan magis buat memenangkan pertandingan. Buat antisipasi, biasanya sepeda motor yang digunakan buat balap tidak boleh ditinggal, melainkan harus ditunggu. Hal itu dilakukan buat mencegah aksi usil dari lawan balapan.

“Kalau sekarang motor ditutup pake sarung biar lawan juga enggak bisa baca spesifikasi sepeda motor,” ujarnya.***rfm/mrdk

Check Also

riaubertuah.id|salah seorang siswi SD Marjinal desa batu sasak kampar kiri hulu, minta ruang kelas baru kepada presiden RI Jokowi dodo (11/11/2017)

SEKOLAH MARJINAL DESA BATU SASAK, AROSEL “BERIKAN KAMI KESEMPATAN YANG SAMA”

Riaubertuah.id (Kampar Kiri Hulu)- Kakinya penuh lumpur saat memasuki sebuah bangunan papan 2 pintu yang …