cheap jerseys authentic jersey wholesale wholesale replica soccer jerseys youth basketball jerseys wholesale football jersey wholesale game jerseys wholesale wholesale blank basketball jerseys mitchell and ness jerseys wholesale wholesale nike nfl jerseys free shipping cheap nba jerseys wholesale
Home / ADVERTORIAL / HUT Kabupaten Rokan Hilir Ke-18 Momentum Meningkatkan Pariwisata Dan Seni

HUT Kabupaten Rokan Hilir Ke-18 Momentum Meningkatkan Pariwisata Dan Seni

BAGANSIAPIAPI – Peringati Hari Ulang Tahun Kabupaten Rokan Hilir  (Rohil) yang ke -18 Tahun, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dewan Kesenian Daerah mengadakan berbagai Festival Kesenian. Salah satunya Festival Lagu Dangdut dengan mengangkat tema “Rohil Bersenandung” yang diikuti oleh sebanyak 80 orang peserta dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir. Unjuk kebolehan bernyanyi dalam ajang mencari bakat dangdut tersebut diselenggarakan di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Senin (25/9/2017) Kemarin.

Bupati Rohil, H. Suyatno dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Dewan Kesenian Daerah (DKD) Rokan Hilir. Ia berharap tahun depan kegiatan yang serupa bisa lebih meriah lagi dan diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir yakni 18 Kecamatan, “Saya menerima laporan dari Ketua DKD bahwa ada sebagian kecamatan tak hadir mengikuti festival dangdut ini. Saya minta Pak Sekda telpon Camat itu kenapa utusan mereka tak hadir, dari Kubu saja datang jauh-jauh bisa hadir, ini utusan dari Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya, termasuk Balai Jaya tak ada satupun” jelasnya.

Pemda Rohil sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan DKD, apalagi DKD setempat berencana akan menggelar acara yang sama dengan mengundang perserta dari seluruh kabupaten/kota di Riau.”Itu pasti kita dukung, biar ramai tempat kita ini.

Selain itu, Bupati Suyatno juga mengucapkan terima kasih kepada Camat dan kepada orangtua peserta yang begitu susah mengantarkan anaknya ke Bagansiapiapi untuk mengikuti acara festival dangdut tersebut. “Semoga dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan dapat mencari bibit-bibit penyanyi Rohil agar dapat bersaing ditingkat Provinsi hingga ke kancah Nasional,” harapnya.

Ketua DKD Rohil, Hj Suryati mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-18, namun saat ini pihaknya fokus pada Festival Lagu Dangdut. “Dalam tiga hari ini kita fokus Festival Lagu Dangdut dulu, nanti baru festival lainnya yang akan dimulai pada Oktober. Kami juga berencana akan membuat acara yang sama dengan mengundang peserta dari semua kabupaten/kota di Riau untuk ikut berpartisipasi,” katanya.

Suryati mengaku sudah mengundang seluruh kecamatan. “Kita sudah mengundang seluruh kecamatan tapi yang hadir ada beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Bangko, Sinaboi, Pekaitan, Batu Hampar, Tanah Putih Tanjung Melawan, Tanah Putih, Kubu, Kubu Babussalam dan Pasir Limau Kapas,” sebut dia. Suryati, yang juga Sekretaris Komisi D DPRD Rohil itu menjelaskan, festival yang digelar setiap tahunnya ini merupakan ajang pencarian bibit-bibit baru untuk generasi dangdut.Dengan ajang ini mereka bisa lebih percaya diri lagi dengan kemampuan vokal dan penguasaan musik, serta penjiwaan terhadap lagu sampai bisa mereka kuasai,” tuturnya.

DKD selaku penyelenggara kegiatan menyiapkan tiga orang dewan juri yang diantaranya adalah Rino dari Pekanbaru, Santi dan Suryati dari Rohil. Sementara untuk pemenang Festival, Juara 1 berupa satu unit Honda ditambah piala dan uang tunai. “Tapi kalau Juara 2 sampai Juara 6 diberikan hadiah berupa uang tunai,” kata Suryati.

Bupati H. Suyatno juga menambahkan Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir yang Ke 18 Tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir tidak hanya melaksanakan kegiatan Bersenandung melalui DKD masih banyak kegiatan lain yang dilaksanakan diantaranya dalam rangka juga mempromosikan potensi perikanan di Kabupaten Rokan Hilir Pemkab Rohil mengadakan lomba memancing yang dilokasi di Kecamatan Sinaboi, Alhamdulillah diikuti sebanyak 477 peserta.

Peserta berasal dari berbagai daerah Kab. Bengkalis, Dumai, Pekanbaru, Rohil sendiri bahkan ada yang dari Negara jiran tetangga Malaysia, ini sangat memberikan semangat kepada kita semua terutama Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir meskipun defisit akan tetapi kita bisa mengundang wisatawan datang ke Rokan Hilir ini dengan berbagai ivent dan kegiatan yang lainnya, tidak hanya itu dengan kegiatan memancing ini masyarakat sekitar di kecamatan Sinaboi meraih rezeki dengan menyewakan boat-boat masyarakat kepada peserta pemancing ini bisa mendongkrat ekonomi masyarakat sekitar.

Perlombaan ini sangat meriah dengan antusias dari berbagai Kabupaten dan Kota di Riau. Acara dipusatkan di Kuala Sinaboi, Sabtu (30/9) pagi. Pembukaan langsung dilakukan Kegiatan yang disponsori Bank Riau Kepri ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Rokan Hilir, Drs Jamiluddin didampingi Sekda Rohil Drs H Surya Arfan MSi. Wabup mengatakan bahwa Lomba Mancing sudah lama tak digelar, bahkan dengan ramainya peserta yang hadir maka akan menjadi agenda rutin tahunan oleh Pemkab Rohil.

“Saya senang sekali karena begitu ramainya peserta dan kebanyakan dari luar Rohil dan saya juga salut karena memang Perairan rohil terkenal memamg kaya akan potensi ikan,” kata Wabup. Wabup saat itu juga sempat melempar Joran bersama peserta yang berlomba termasuk peserta Arie Sumarna yang tak lain adalah anak Bupati Rohil H. Suyatno, baru sekitar lima menit Joran Wabup disantap Ikan Duri sekitar setengah Kilo.

Tampak raut kegembiraan Wabup karena meskipun tidak begitu hobi memancing namun setelah merasakan serunya memancing maka ia akan rutin saat libur ikut memancing. Saat itu sekitra 80 Speed Boat memenuhi Sei Rokan di Kuala Sinaboi, tiap kapal terdiri dari 6-8 orang yang menjadi peserta. Tepat pada pukul 10.00 WIB-15.00 WIB perlombaan berlangsung.

Berbeda dengan perlombaan Memancing ditempat lain, Pemkab Rohil melalui Rohil Fishing Club (RFC) memakai sistem cabut undi sehingga pemenang tidak hanya cukup dapat Ikan besar saja namun juga harus diundi sesuai kategori yang dilombakan. Setelah saling berlomba dan waktu habis, panitia merekap dan kahirnya didapati sebanyak 11 jenis Ikan. Setelah itu yang melaju ke final ditimbang siapa ikan terberat maka menjadi finalis. Pencabutan undi dilakukan oleh Sekda Rohil yang sekaligus merupakan ketua RFC.

Tidak hanya itu Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui  Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau berkerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rohil  melaksanakan penghijauan yakni menanam sebanyak 10.000 pohon di Kabupaten Rokan Hilir. Demikian dikatakan Kadis DLH Kabupaten Rohil Suwandi, S.sos Jumat-(15/09/17) usai menghadiri rapat di Mess Pemda Rohil Jalan Perwira.

“Kami Sebagai panitia Hut Rohil seksi penghijauan ingin melakukan penanaman pohon sebanyak 10.000 untuk seluruh Rokan Hilir. Penghijauan itu dalam rangka Hut Rohil Ke-18 Tahun yang di pusatkan di Bagansiaiapi tepatnya di batu 8 jalan kecamatan,” Kata Suwandi. Bibit penghijauan yang sudah disediakan oleh Dinas DLHK Provinsi Riau. Kadis LHK Rohil menyebutkan, bahwa Jenis tanaman penghijauan tersebut berpariasi, ada tanaman peneduh, tanaman pelindung dan tanaman buah-buahan.

Lanjutnya, Setiap kecamatan nantinya akan di alokasikan bibit lebih kurang 500 pohon, dan harapkan kepada pihak kecamatan dan kepenghuluan/ kelurahan dapat melakukan penanaman bibit pohon itu di daerah lokasi yang rawan abrasi, dan di tempat-tempat yang membutuhkan penghijauan,” tegasnya, diharapkannya program penanaman pohon di daerah-daerah rawan dapat sebagai penyanggah pasokan oksigen, disamping itu dapat mencegah banjir dan erosi,” harap Kadis DLH.

Sesuai arahan pimpinan, penanaman di canangkan di batu delapan, kemudian di halaman Kantor Bupati, Danau Gatal dan di kecamatan-kecamatan yang ada di Rohil, Program penanaman pohon ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir yang dikemas dalam rangkaian pekan penghijauan Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2017. (Advertorial)

Check Also

Ruas Jalan Di Bengkalis Rusak Akibat Hujan Deras

PEKANBARU (Riaubertuah.id) – Beberapa Hari ini  hujan dengan kekuatan tinggi, menyebabkan sejumlah ruas jalan di …