cheap jerseys authentic jersey wholesale wholesale replica soccer jerseys youth basketball jerseys wholesale football jersey wholesale game jerseys wholesale wholesale blank basketball jerseys mitchell and ness jerseys wholesale wholesale nike nfl jerseys free shipping cheap nba jerseys wholesale
Home / DAERAH / BENGKALIS / Disbudparpora Bengkalis Akan Gelar Acara Budaya Ritual Mandi Safar

Disbudparpora Bengkalis Akan Gelar Acara Budaya Ritual Mandi Safar

Foto : Acara Budaya Ritual Mandi Safar.

BENGKALIS (Riaubertuah.id) – Acara budaya Ritual Mandi safar akan diadakan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Bengkalis yang dipusatkan di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Bindang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pariwisata, Khairani SE, Senin (6/11/17) bahwa acara budaya Ritual Mandi Safar dilaksanakan pada Selasa 14 November 2017 mendatang.

“Acara budaya ritual mandi safar dilaksanakan, Selasa 14 November 2017 pada pukul 09.00 Wib yang akan dibuka langsung oleh Gubenur Riau,” kata Khairani.

Selain dihadiri Gubenur Riau H. Arsyajuliandi Rachman, acara ritual Mandi Safar itu juga dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Forkopimda Bengkalis, Ketua PKK Bengkalis serta para pejabat di jajaran Pemkab Bengkalis.

Sedangkan untuk pusat kegiatan ritual Mandi Safar tersebut, dipusatkan di Pantai Tanjung Lapin desa Tanjung Punak, Rupat Utara.

“Acara ritual mandi safar itu, seperti ada anak-anak yang dilaksanakan secara serimonial dimandikan dengan air wafak yang sudah ditulis tulisan islami, tujuannya agar menolak bala ataupun selamat dari bulan safar tersebut,”kata dia lagi.

Kepercayaan masyarakat di Rupat Utara ini dilakukan secara turun temurun. Karna katanya, pada Bulan Safar ini bulan yang penuh dengan bala.

“Jadi untuk menghindar dari bala itu sendiri, makanya harus dimandikan dengan air wafak itu. Disampin itu, selain acara ritual Mandi Safar, juga diisi dengan hiburan kesenian, seperti tarian melayu, zapin api dan ada persembahan paguyuban jawa Bengkalis,”ungkapnya.

Menjelang hari H gelar acara ritual Mandi Safar tersebut, Disbudparpora Bengkalis sudah siap 75 persen.

Check Also

riaubertuah.id|salah seorang siswi SD Marjinal desa batu sasak kampar kiri hulu, minta ruang kelas baru kepada presiden RI Jokowi dodo (11/11/2017)

SEKOLAH MARJINAL DESA BATU SASAK, AROSEL “BERIKAN KAMI KESEMPATAN YANG SAMA”

Riaubertuah.id (Kampar Kiri Hulu)- Kakinya penuh lumpur saat memasuki sebuah bangunan papan 2 pintu yang …