cheap jerseys authentic jersey wholesale wholesale replica soccer jerseys youth basketball jerseys wholesale football jersey wholesale game jerseys wholesale wholesale blank basketball jerseys mitchell and ness jerseys wholesale wholesale nike nfl jerseys free shipping cheap nba jerseys wholesale
Home / ADVERTORIAL / Deretan Prestasi di Raih Kabupaten Siak, Syamsuar: Saya Belum Puas Sejahterakan Masyarakat

Deretan Prestasi di Raih Kabupaten Siak, Syamsuar: Saya Belum Puas Sejahterakan Masyarakat

SIAK SRI INDRAPURA  (Riaubertuah.id ) ~  Sederetan prestasi telah berhasil diraih Pemkab Siak, namun Syamsuar mengaku belum merasa puas. Disisa masa jabatannya, Syamsuar berjanji akan mewujudkan keinginan masyarakat Siak, khususnya yang berada di pedesaan untuk membangun sejumlah infrastruktur jalan, jaringan listrik dan prasarana air bersih.

“Sebelumnya Saya menerima penghargaan dari pemerintah pusat atas prestasi Siak sebagai kabupaten terbaik 3 dalam penanaman modal dan pelayanan terpadu. Bulan lalu kita juga terima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk kategori lalu lintas, dimana Siak dinilai berhasil dalam melakukan pembenahan sarana, prasarana dan infrastruktur perhubungan darat. Untuk mendorong tujuan wisata, kita juga sukses menggelar Tour de Siak yang diikuti pebalap dari 18 negara,” katanya.

Keberhasilan Pemkab Siak dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017 diwujudkan dalam pemberian penghargaan oleh Anggota V BPK RI Ismayatun dalam Rapat Paripurna Istimewa Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas LKPD Provinsi Riau di Gedung DRPD Riau, Jumat (18/5/2018).

Terkait progres perkembangan pembangunan selama 3 tahun terakhir, terjadi peningkatan di berbagai sektor. Sesuai data terbaru dari Badan Pusat Statistik, penduduk Siak saat ini mencapai 500 ribu jiwa lebih atau mengalami kenaikan dibanding tahun lalu, dimana jumlahnya sekitar 491 ribu jiwa. Pertumbuhan ekonomi, indek pembangunan, pendapatan perkapita, angka harapan hidup juga mengalami peningkatan dibanding tahu-tahun sebelumnya.

‘Sedangkan jumlah warga miskin di Siak saat ini tinggal sekitar 5,54 persen. Angka ini menempatkan Siak di tiga besar kabupaten/kota di Riau yang jumlah penduduk miskinnya terus mengalami penurunan,’ kata Syamsuar.

‘Begitu juga dengan sarana dan prasarana pendidikan, setiap tahun jumlah sekolah, mulai dari SD, SLTP, SLTA serta sekolah agama terus mengalami peningkatan. Pelayanan kesehatan juga terus ditingkatkan, kartu BPJS dan Jamkesda yang dimiliki warga Siak merupakan kartu berobat gratis disejumlah rumah sakit, termasuk di kabupaten tetangga seperti Pelalawan dan Bengkalis, kita juga mengratiskan biaya pengobatan disejumlah rumah sakit ternama di Pulau Jawa. Selain itu, kita juga menyediakan pelayanan gratis mobil ambulan yang ditempatkan disetiap Puskesmas Pembantu (Pustu) di desa-desa,’ papar Bupati.

Khusus untuk pendidikan lanjutan, jelas Syamsuar, selama ini Pemkab Siak telah bekerjasama dengan Politeknik Negeri Bandung dengan program Pendidikan Diluar Domisili (PDD). Kerjasama yang dilakukan ini, merupakan cikal bakal untuk berdirinya Politeknik Siak. Kemudian, untuk tahun ini, mahasiswa Akademi Komunitas Nasional Siak sudah mulai menjalankan kuliah umum pada 13 Oktober 2014 ini.

“Khusus untuk keluarga miskin, sejauh ini cukup banyak program bantuan yang kita laksanakan, seperti bantuan untuk lansia, pembangunan Rumah Layak Huni (RLH), pakaian seragam untuk anak kurang mampu, bantuan dari Badan Amil Zakat (BAZ) Siak,” ujar Syamsuar.

Terkait pembangunan infrastruktur jalan kabupaten, selama tiga tahun ini juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dimana, dari 689 km jalan yang diaspal tahun 2011, saat ini sudah mencapai 935 km. Dengan meningkatnya jalan yang diaspal tentu jumlah jalan bes atau jalan tanah kerikil berkurang. Tahun 2014 ini hanya 198 km jalan yang belum diaspal. Begitu juga dengan jembatan, dimana terjadi peningkatan dari 7.952 meter persegi tahun 2011, tahun 2014 ini 8.396 meter persegi. Begitu juga pembangunan turap di bidang pengairan, ada penambahan 662 meter selama tiga tahun ini.

Kendati sejauh ini pelayanan listrik belum maksimal, namun jika dibanding tahun 2011 lalu, sudah ada peningkatan terhadap jumlah daya yang dimiliki PLN Rayon Siak, namun diakui Syamsuar belum semua warga dapat menikmatinya. Begitu juga dengan sarana terminal angkutan darat, Syamsuar menargetkan awal tahun 2015 nanti, terminal di Perawang sudah dapat dioperasikan. Rencananya, Pemkab juga akan membangun terminal di Siak untuk mendukung transportasi darat. Sedangkan untuk sarana angkutan sungai, dermaga Siak akan dioperasikan tahun ini, selain itu juga akan dibangun lima dermaga kecil yang berada di daerah.

Dibidang investasi, jelas Syamsuar, tahun 2014, jumlah penanam modal totalnya mencapai Rp4,8 triliun. Jika dibanding tahun 2011, penanam modal asing hanya $102 US ditambah Rp401 miliar, tahun 2013 menjadi Rp1,8 triliun ditambah $847 juta US.

“Untuk perizinan investasi ini, semua biaya kita gratiskan, ini salah satu upaya kita untuk menarik investor agar mau berinvestasi di Siak. Kemudahan semua syarat perizinan ini menjadi salah satu tolak ukur bagi pemerintah pusat sehingga Siak meraih peringkat 3 Investment Award 2014 tingkat nasional yang saya terima baru-baru ini,” jelas Bupati.

Untuk bidang pertanian, produksi padi juga mengalami sedikit peningkatan, dimana jumlahnya mencapai 36.978 ton dari 8.351 hektare lahan pertanian yang ada.

“Intinya, semua yang saya lakukan sejak menjabat sebagai Bupati bersama wakil Alfendri, tidak lepas dari visi misi sebelum menjabat, semua itu dirangkum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Siak tahun 2011-2016,” tegas Syamsuar.

Menjelang berakhirnya masa jabatan sebagai Bupati Siak, lanjut Syam, sesuai harapan masyarakat yang tertuang pada RPJM, tahun 2015 nanti Pemkab lebih menfokuskan peningkatan infrastruktur jalan, listrik dan air besih di pedesaan.

Bupati menyadari, semua keberhasilan yang telah dicapai tidak lepas dari dukungan dari semua pihak, baik legislatif, muspida serta masyarakat Negeri Istana ini.

“Ini adalah keberhasilan kita bersama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Siak sutuhnya. Mari bersama-sama kita bangun Siak Negeri Istana ini. Sembari membangun daerah, iven kebudayaan dan olahraga tetap kita kembangkan sebagai sarana untuk menarik minat wisatawan datang ke Siak, sehingga Siak semakin mendunia,” tutup Syamsuar.*** ( ADV )

Check Also

Solihin: Tidak Ada Yang kita Tutupi Tapi Ikuti Prosedur, “Jangan Gagal Faham”

SIAK SRI INDRAPURA ( Riaubertuah.id ) ~ Tidak ada pihak kasubag menutupi terkait masaalah anggaran …