Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop Mengundurkan Diri Dari Jabatan

banner 160x600

Women face

RIAUBERTUAH.ID - Julie Bishop menyatakan berhenti dari jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri tetapi ia akan melanjutkan tugasnya sebagai anggota parlemen. Keputusan Julie Bishop ini merupakan buntut dari tersingkir ia di putaran pertama kontes kepemimpinan di internal Partai Liberal yang diikuti 3 calon dan pada akhirnya Scott Morrison terpilih sebagai perdana Menteri menggantikan Malcolm Turnbull.

Dalam sebuah pernyataan, Julie Bishop mengatakan dia telah memberitahukan Perdana Menteri Scott Morrison tentang keputusannya.

"Saya akan tetap di backbench sebagai wakil yang akan bersuara kuat untuk Australia Barat," katanya.

"Saya telah dipilih sebelumnya oleh Partai Liberal untuk kursi di daerah pemilihan Curtin dan saya belum membuat keputusan mengenai pemilihan berikutnya."

Keputusan Julie Bishop ini merupakan buntut dari tersingkir ia di putaran pertama kontes kepemimpinan di internal Partai Liberal yang diikuti 3 calon dan pada akhirnya Scott Morrison terpilih sebagai perdana Menteri menggantikan Malcolm Turnbull.

Malcolm Turnbull menggambarkan Julie Bishop sebagai model yang menginspirasi bagi perempuan di Australia dan di seluruh dunia.

"Hari ini kita kehilangan Menteri Luar Negeri Terbaik Australia." kata Turnbull di akun Twitternya.

Pujian juga disampaikan juru bicara Menteri Luar Negeri Partai Buruh, Penny Wong yang memberikan penghargaan kepada Julie Bishop "atas perannya sebagai wanita Australia pertama" yang menjabat sebagai menteri luar negeri.

"Selama lima tahun ia telah mengabdikan hidupnya untuk negara kita dengan etika kerja yang tak kenal lelah dan jadwal perjalanan yang melelahkan," kata Senator Wong.

Dia mengatakan, Partai Buruh pernah mengkritik arah kebijakan luar negeri di bawah perdana menteri Abbott dan Turnbull tetapi. "Komitmen Julie Bishop untuk membela Australia baik di dalam maupun di luar negeri tidak pernah dipertanyakan".

"Secara khusus saya sangat menghargai komitmennya untuk bipartisanship dan kesopanan pribadinya kepada saya," kata Senator Wong.

Hingga pemungutan suara kepemimpinan pada Jumat (24/8/2018) lalu, Julie Bishop telah menjadi wakil pemimpin Partai Liberal selama lebih dari satu dekade, setelah mengambil posisi itu pasca kekalahan Pemerintah John Howard pada pemilu Australia November 2007.

Julie Bishop telah bertugas sebagai menteri luar negeri sejak Partai Liberal mendapatkan kembali pemerintahan di bawah Tony Abbott pada September 2013.

Sebagai menteri luar negeri, Julie Bishop bertugas menangani ekspansi China yang luas.

Dia juga berkampanye di PBB untuk mendapatkan akses ke situs kecelakaan pesawat MH17 milik maskapai Malaysia Airlines setelah jatuhnya pesawat tersebut di atas Ukraina timur yang dikuasai pemberontak pada bulan Juli 2014.

Hingga akhirnya penyelidikan bersama atas insiden itu menyimpulkan militer Rusia berada di belakang serangan rudal itu, ia meminta para tersangka diekstradisi ke Belanda untuk diadili.