Bertemu Deputi PM Singapura, Jokowi bahas persiapan Leader's Retreat

banner 160x600

Women face

Riaubertuah.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Deputi Perdana Menteri Singapura, Teo Chee Hean di Istana Merdeka, Jakarta. Keduanya membahas persiapan perhelatan Leader's Retreat antara Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong pada 11 Oktober 2018 di Bali.

"Beberapa hal yang di bahas antara lain karena kita setiap tahun melakukan annual retreat maka kita lihat perkembangannya sampai di mana," kata Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/7).

Dalam pertemuan Leader's Retreat nanti, Jokowi dan Lee Hsien Loong akan menyoroti bilateral investment agreement. Retno mengatakan, pemerintah sudah melakukan negosiasi sebanyak empat kali namun belum mencapai kesimpulan. Negosiasi lanjutan akan dilakukan lagi pada akhir bulan ini.

"Negosiasi diharapkan terakhir akan dilakukan pada akhir bulan ini. Sehingga mudah-mudahan kalau negosiasi lancar maka pada saat pertemuan annual retreat nanti sudah akan diselesaikan," ujar dia.

Selain membahas Leader's Retreat, Jokowi dan Teo Chee Hean membahas kerja sama sejumlah proyek besar antara Indonesia-Singapura. Misalnya mengenai kerja sama proyek Kendal Industrial Park. Dalam proyek tersebut, terdapat kemajuan yang sangat berarti yakni didirikannya politeknik industri kayu.

"Tadi kita juga saling menukar data sudah berapa perusahaan yang beroperasi di Kendal Industrial Park," jelas Retno.

Kemajuan kerja sama di bidang lain turut dibahas misalnya masalah wisata cruise. Retno menyebut, kerja sama cruise sudah sampai pada pelatihan untuk para pemandu kapal wisata.

"Dan kita juga bicara mengenai investasi Singapore di Indonesia khususnya di bidang tourism," kata Retno.***red/rfm 

Sumber : Merdeka.com